PENYUSUNAN ANGGARAN JUALAN
1. Definisi
Ø Pengertian
Anggaran Jualan
Anggaran
jualan berarti anggaran hasil penjualan atau anggaran hasil proses menjual.
Menjual (sell) berarti menyerahkan
sesuatu kepada pembeli dengan harga tertentu dan pada saat tertentu. Penjualan
(selling) berarti proses kegiatan menjual, yaitu dari kegiatan penetapan harga jual
sampai produk sampai didistribusikan ke tangan konsumen (pembeli). Jualan (sales) adalah hasil penjualan atau hasil
proses menjual. Jadi penjualan memiliki arti yang berbeda dengan jualan. Anggaran
jualan disusun oleh fungsi penjualan. Anggaran jualan merupakan rencana
tertulis yang dinyatakan dalam angka dari produk yang akan dijual perusahaan
pada periode tertentu. Jualan merupakan unsur dapatan (revenue) yang disebut dapatan jualan (sales revenues).
2. Isi
Ø
Manfaat
Anggaran Jualan
Anggaran jualan merupakan dasar penyusunan anggaran
lainnya dan umumnya disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya.
Oleh karena itu anggaran jualan sering disebut dengan anggara kunci.
Jualan merupakan ujung tombak dalam mencapai tujuan
perusahaan karena jualan bagi perusahaan merupakan dapatan, yang umum disebut
dengan dapatan jualan. Bila dapatan jualan lebih besar dari beban (expenses) maka perusahaan memperoleh
laba, dan sebaliknya. Bila dapatan jualan lebih kecil dari beban maka
perusahaan menderita rugi. Agar perusahaan memperoleh laba yang maksimal, maka
dapatan jualan diusahakan setinggi-tingginya dan beban ditekan
serendah-rendahnya.
Ø Penyusunan Anggaran Jualan
Sebelum menyusun anggaran jualan, biasanya dibuat ramalan jualan (sales
forecast). Selain ramalan jualan, perlu juga dipertimbangkan factor yang dapat
berpengaruh terhadap jualan.
Ø Faktor yang Mempengaruhi Anggaran Jualan
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi anggaran jualan,
antara lain faktor pemasaran, faktor keuangan (modal kerja), faktor ekonomis, faktor
teknis, faktor kebijakan perusahaan, faktor perkembangan penduduk, faktor
kondisi Negara, dan faktor-faktor lainnya.
v
Faktor
pemasaran yang perlu dipertimbangkan seperti:
a.
Luas
pasar, apakah bersifat local, regional, nasional, atau internasional.
b.
Keadaan
persaingan, apakah bersifat monopoli, oligopoly, atau bebas.
c.
Keadaan
konsumen, bagaimana selera konsumen, tingkat daya beli konsumen, apakah
konsumen akhir atau konsumen industry.
v
Faktor
keuangan yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan modal kerja mendukung
pencapaian target jualan yang dianggarkan.
v
Faktor
ekonomis yang perlu diperhatikn yaitu meningkatnya jualan berarti
meningkatkan laba, atau sebaliknya.
v
Faktor
teknis yang perlu diperhatikan antara lain:
a.
Kapasitas
terpasang, seperti apakah mesin dan alat mampu memenuhi target jualan yang
dianggarkan.
b.
Apakah
bahan baku da tenaga kerja mudah dan murah.
3.
Rangkuman
Anggaran jualan adalah anggaran hasil penjualan.
Jualan artinya hasil penjualan. Penjualan artinya proses menjual. Menjual
artinya menyerahkan sesuatu kepada pembeli dengan harga tertentu pada saat
tertentu. Manfaat anggaran jualan terutama sebagai dasar penyusunan anggararan
lainnya dan sebagai ujung tombak dalam memperoleh laba.
Faktor yang
mempengaruhi anggaran jualan selain selain ramalan jualan antara lain :
pemasaran, keuangan, ekonomis, teknis, kebijakan perusahaan, perkembangan
penduduk, kondisi nasional, dan lain-lain.
Penyusunan anggaran jualan dimulai dari
mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi anggaran jualan. Setelah itu,
menetapkan harga jual u ntuk produk tertentu. Kemudian membuat taksiran tiap
jenis produk yang akan dijual dan penentuan produk yang akan dijual pada daerah
tertentu. Langkah selanjutnya adalah memperhitungkan anggaran jualan, dan
terakhir disusunlah anggaran jualan.
4.
Daftar
Istilah
Anggaran kunci adalah anggaran yang menjadi dasar penyusunan anggaran
lainnya dan umumnya disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya.
Jualan adalah hasil proses menjual, hasil penjualan.
Menjual adalah
menyerahkan sesuatu kepada pembeli dengan harga tertentu.
Penjualan adalah proses menjual.
Potongan jualan adalah potongan hasil jual yang diberikan penjual
kepada pembeli.
Retur jualan adalah dikembalikannya sejumlah barang yang dijual
oleh pembeli kepada penjual akibat tidak sesuai dengan pesanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar